SIJUM: Berbagi Nasi Hari Jumat

SIJUM BANDUNG MEMBERIKAN MAKAN SIANG GRATIS DI HARI JUMAT DI MASJID SALMAN BANDUNG

Siapa yang tidak senang ketika diberi makan siang gratis? Walaupun ada istilah "There is no such a free lunch" tetapi pepatah tersebut tidak sepenuhnya benar. Hal ini dibuktikan ketika saya hendak keluar dari Masjid Salman ITB Bandung setelah menunaikan Shalat Jumat, terlihat beberapa meja kayu yang diatasnya ada beberapa kantong plastik hitam berisikan belasan kotak makan siang. Di sekitarnya, ada beberapa ibu-ibu yang sedang menyiapkan kotak tersebut dan terlihat sibuk menawarkan nasi kotak secara gratis kepada jamaah Masjid Salman pada hari ini, 5 Mei 2017.

Nasi kotak gratis dari Sijum Bandung

Saya pun menghampiri ibu-ibu tersebut dan meminta izin mengambil kotak makan siang gratis tersebut. Banyak jamaah yang menerima pemberian nasi kotak tersebut dan merasa agak terheran-heran. Mungkin mereka (dan juga saya) berpikir apakah ada suatu acara di Masjid Salman, tapi ternyata tidak ada acara khusus, seperti bazar atau diskusi lainnya. Ya sudahlah, saya simpan saja dulu keheranan saya. Toh ini ada informasi yang tertera di kotak tersebut sehingga mungkin memberikan informasi yang lebih lengkap.
Alhamdulillah, dapat makan siang gratis. Rezeki dari Allah memang datang dari arah yang tidak disangka-sangka.
Sambil berjalan, saya browsing alamat website yang tertulis di kotak, yaitu www.sijum.com dan alamat kontak lainnya. Singkatnya, ternyata pendiri Sijum ini adalah Andre Raditya yang berinisiatif memberikan makan siang secara gratis kepada jamaah masjid setelah Shalat Jumat. Tujuan dari beliau tak lain adalah untuk menjadikan masjid sebagai pusatnya kebaikan. 

Di bagian lain dari kotak nasi tersebut, terdapat tulisan mengenai adab makan dalam Islam. Walaupun mungkin sebagian dari kita sudah mengerti mengenai adab ini, tetapi memang ada baiknya diingatkan kembali melalui tulisan tersebut. 

Adab makan dalam Islam

"BERKAH UNTUK SEMUA"

Apa saja isi dari nasi kotak Sijum ini?

Sama seperti nasi kotak lainnya, nasi kotak Sijum ini berisikan nasi, lauk pauk berupa ayam goreng tepung (teman saya yang lain mendapat ayam goreng biasa), sayur, tahu, air mineral, dan buah-buahan berupa pisang. Oh iya, kerupuknya juga ada. Kalau kata teman, paketnya kurang sambel, hehe. 


Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan Sijum ini bisa menjadi ladang amal bagi para donaturnya sekaligus membantu sesama muslim terutama jamaah masjid dan makin mengokohkan masjid sebagai pusat kebaikan. 
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah Adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir, seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” ( Al Baqarah : 261 )


Comments