Peta Park Bandung: Sebuah Tempat Wisata Baru di Kawasan Bandung Selatan

Halo. Lama tak jumpe kite.

Pada artikel ini, saya akan membahas tentang tempat wisata yang relatif baru bertemakan sebuah taman, yaitu Peta Park (Taman Peta). Taman ini sendiri tergolong relatif baru karena sudah dibuka sekitar pertengahan tahun lalu. Terletak di lokasi yang strategis di Jalan Peta No. 229 Kota Bandung, taman ini memberikan kemudahan akses bagi warga Kota Bandung ataupun wisatawan dari luar daerah Bandung yang ingin sejenak melepaskan kepenatan dan rekreasi bersama keluarga tercinta.



Lokasi Peta Park

Memang jika dilihat dari lokasinya, Peta Park ini tergolong strategis karena bisa diakses dari tiga gerbang tol terdekat menuju Kota Bandung, yakni GT. Pasir Koja, GT. Kopo, dan GT. Moh.Toha. Bagi warga Bandung sendiri, terutama yang bermukim di kawasan selatan Bandung, tempat rekreasi dan piknik keluarga ini menjadi suatu alternatif apabila mereka tidak ingin menempuh jarak yang terlalu jauh dan macet, misalnya ke Bandung bagian utara ataupun ke Bandung bagian selatan seperti Ciwidey, Pangalengan dan sebagainya. 

Jalur masuk menuju Peta Park dari gerbang tol terdekat

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Taman ini buka pada hari Selasa hingga Minggu mulai dari Pukul 09.00 hingga 21.00 dan tutup pada hari Senin. Mungkin hal ini dimaksudkan untuk melakukan perawatan pada tanaman dan taman secara keseluruhan. Untuk bisa masuk ke dalam taman ini dan menikmati semua keindahannya, kita hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000,- per orang dan bagi anak berusia di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya. Setelah membayar tiket, kita dipersilakan masuk ke dalam dengan terlebih dahulu dicap pada bagian tangan layaknya jika kita hendak masuk ke arena Dunia Fantasi. 

 

Fasilitas Lainnya

Selain menyajikan berbagai keindahan tanaman, taman ini juga dilengkapi oleh gedung pertemuan yang bisa digunakan oleh siapa saja dengan keperluan apa saja, seperti acara family gathering kantor, pertunjukan musik, pernikahan, dan acara bertemakan semi outdoor lainnya. Satu lantai food court pun tidak lupa dihadirkan di kawasan taman ini yang terletak di atas pintu masuk. Jalur menuju ke food court tersebut sangat friendly untuk pengunjung yang mempunyai disabilitas dan menggunakan kursi roda. Kebetulan ketika saya mengunjungi Peta Park, ada penampilan live music di lantai food court-nya, tetapi saya tidak sempat untuk mencicipi masakan dan minuman yang disajikan di sana karena saya harus kembali ke rumah.

Peta Park dijadikan tempat resepsi pernikahan

Secara umum, Peta Park ini menyajikan suasana rekreasi yang menyegarkan sekaligus menyenangkan bagi pengunjung. Tidak sedikit pengunjung yang mengabadikan momen mereka di taman ini dengan ber-selfie dan wefie ria. Ada juga yang sengaja hunting foto dipadukan dengan indahnya berbagai bunga dan tanaman serta bagusnya desain taman secara keseluruhan. Mungkin Peta Park ini bisa dijadikan sebagai referensi tambahan lokasi foto pre-wedding maupun post-wedding di Kota Bandung. Selain itu, resepsi pernikahan pun bisa diadakan di sini dengan menggunakan konsep pesta kebun dan menurut saya hal itu bisa menghadirkan suasana yang cukup akrab diantara tamu undangannya. Meskipun bisa digunakan untuk acara resepsi pernikahan, Peta Park ini tetap bisa dikunjungi oleh wisatawan karena yang digunakan hanya gedung dan pelatarannya saja. 

Pelataran atas gedung bisa digunakan untuk acara bertemakan outdoor

Oh ya, untuk tiket parkir, kita bisa membayarnya di loket dekat pintu masuk ketika kita hendak pulang dan keluar dari taman tersebut. Nanti petugasnya akan mencatat biaya parkir kita, dihitung dari kita masuk ke parkiran Peta Park. Mengenai informasi tarif parkir, saya kurang begitu jelas, tetapi yang pasti ketika saya parkir kurang lebih 1,5 jam dikenai tarif sebesar Rp. 4.500,-. Lahan parkir di Peta Park ini berkisar 40-50 mobil dan 100-120 motor, jadi cukup memadai untuk menampung kendaraan pengunjung.

Jadi, tunggu apa lagi, ayo bawa kameramu dan rasakan keindahan Peta Park!

Comments