Bersepeda di Bandung Raya

jadi, akhirnya setelah 13 tahun lebih di bandung, alhamdulillah terbeli juga sepeda gunung a.k.a MTB yang tergolong murah dibandingin sama yang lainnya, saya kasih nama Pacific Rim ngambil nama merk sepedanya, "Rim"nya terinspirasi dari film Pacific Rim dengan harapan biar sepeda saya bisa keren kayak Jaeger hahaha.. *wae

hampir tiap pagi sepedahan mulu sebelum kuliah, ngelilingin kampus dan sekitarnya, nah yang lumayan jauh-jauh itu baru 2x doang, pertama pas ke batik keris (suci) sama ke bukit ligar yang ternyata emang berbukit-bukit melelahkan.

yang pertama, ke batik keris tuh sebenernya ga diniatin dari awal, mulanya emang muterin kampus terus ke sabuga dengan maksud nyobain make gigi paling ringan (1-1) pas di tanjakan. emang sih turunnya cepet banget pas di turunan ke bawah sabuga itu, tapi pas sekali nanjak, bener-bener nguras tenaga dah..

Berdasarkan statistik diatas, bisa kita simpulkan bahwa pada Km ke-3 terdapat kura-kura yang menandakan waktu paling lama. Sedangkan, yang ada kelinci itu (eh kelinci apa kancil yak?) pas di jalan suci yang relatif turun mulai dari gasibu sampe depan kantor imigrasi.
oh iya, ini kostumnya pake baju batik sama celana kain item, abis dari kondangan temen di unpad soalnya, hahaha..

_________________________________________________________________________________

besok paginya (hari ini), saya mau nyobain track baru lagi ke arah atas, ke rumahnya temen di bukit ligar dengan harapan sampe sana dikasi sarapan, minum, dll tapi ternyataa.. (ah sudahlah)

persiapan dari rumah menuju rumah C : bawa baju ganti, handuk, sabun dll buat mandi abis sesepedahan ntar. berangkat dari rumah jam 05.35 sampe kampus jam 05.50 betapa ngebutnya itu naik motor, ckckck..
sampe di rumah C, semuanya udah disiapin. berangkat jam 06.00 (jam tangan) / jam 05.58 (jam di henpon) *dibahas* hahaha..

perjalanan dimulai dengan mengaktifkan endomondo dulu biar ada record dan bisa exist dikit di FB :P hehe.. jalurnya lewat ganesha-dago-tubis-cigadung-ligar. sebenernya pas d dago juga udah mulai ngos-ngosan sih ampe puteran menuju tubagus ismail. pas lagi jalan di santai, ketemu sama temen yang lagi bawa-bawa barang mau naik angkot kayaknya ke Jepang buat tesis (maksudnya ke travelnya naik angkot, bukan ke Jepang, yaiyalah ya). turunannya tubis sih oke, lumayan kenceng. nah pas mau masuk ke perumahan cigadung itu yang berabe. tanjakannya kagak kira-kira emang, sampe pas belokan mau nanjak lagi, dengan sangat terpaksa harus turun dan mendorong sepeda, hahahaha..

dengan mengandalkan GPS di HP, sampe juga di jalan cigadung raya. masih liat GPS, menurut dirinya, saya harus belok kiri dan turun ke perumahan cigadung (lupa namanya). seraya menikmati turunan yang lumayan terjal, dalam hati "mudah-mudahan gw kagak lewat jalur ini lagi baliknya". sampe di bawah, GPS ngasih tau buat belok ke kiri, pas liat ke kiri, laaahhhh ternyata cuman jalan setapak yang ada pintu besinya gitu. mmhh diliat-liat sebelah kirinya bambu-bambu gitu, kemungkinan jurang/lembah/cekungan tuh. kagak jadi dah saya lewat situ. akhirnya puter balik lagi. eh bentar-bentar, berarti mesti lewat tanjakan yang terjal tadi lah, aaaaaaaaaahhhhhhhhhhh... walaupun sudah sekuat tenaga, akhirnya nyerah juga dan didoronglah itu sepeda sambil berhenti buat minum..

dilanjutkanlah perjalanan pake GPS itu walaupun agak merasa dikhianati *tsah* soalnya saya gatau daerah sana, haha jadi we percaya aja lah. akhirnya, bukit ligar sudah didepan mata (menurut GPS). pas belok mau kesana, beuh tanjakan lebih ekstrim lagi dari yang di cigadung. iklinasinya lebih besar istilahnya. tidak berbeda dengan tanjakan-tanjakan sebelumnya, si sepeda pun dituntun sampe jalannya ga nanjak lagi. sampe di depan perumahannya pun, saya masih belum tau tujuannya dimana, haha.. nanya lah sama penduduk setempat beserta panduan papan nama jalan, akhirnya ketemu juga tuh rumah temen walaupun sebenernya salah arah masuk ke jalannya.

ternyata, si temen mau buru-buru pergi, yasudahlah tidak disuguhi minum secuilpun -___-

baliknya, super banget lah turunan yang deket bukit ligar itu. full speed lah. tadinya mau di loss-in aja, ga usah direm biar kenceng, tapi mikir-mikir lagi kalo-kalo ada yang nyebrang tiba-tiba, habislah awak ini, hahaha..

saya milih rute balik lewat batik keris yang kemaren baru aja kesana dengan panduan GPS tentunya (gak apal daerahnya). abis dari situ, lanjutlah melewati jalan batik-batikan itu sampe tembusnya ke daerah sadangserang kalo ga salah. nah, kalo daerah situ udah apal, jadinya gak terlalu count on ama GPS. mikir sih pasti tembus ke tubis kalo lewat sana, tapi baru nyadar kalo saya mesti lewat tanjakannya tubis. kagak deh, mending puter balik lewat jalan gagak walaupun ada tanjakan-tanjakan kecil gitu. ternyata, based on GPS, saya baru tau ada jalan tembusan dari gagak ke belakang monumen perjuangan gasibu, padahal dulu pernah diam di jalan gagak -__- nama daerahnya sukasari, haur pancuh apa loa haur gitu. sampailah di depan unpad, nanjak lagi aja deh ke simpang biar bisa menikmati CFD dari arah simpang ampe ke ganesha.

sampe Rumah C, istirahat bentar, minum lanjut mandi dan cari sarapan (lagi). dan sekarang baru kerasa lemesnya. hoam.