Revitalisasi Taman Cikapayang Dago

Siapa yang belum pernah ke Bandung? Rasa-rasanya hampir semua dari kita sudah pernah menginjakkan kaki di Kota Kembang. Salah satu ikon dari Kota Bandung adalah kawasan wisata Dago yang terletak di Jalan Ir. H. Djuanda. Nah, beberapa bulan lalu Pemerintah Kota Bandung telah meresmikan Taman Cikapayang Dago yang sebelumnya telah direvitalisasi.

Taman Dago Cikapayang yang telah direvitalisasi


Apabila melintas di daerah Dago dan Cikapayang, pasti Anda bisa melihat keindahan taman kota satu ini. Dengan desain dan kombinasi warna yang sangat menarik, taman ini memang cocok untuk dijadikan tempat bercengkrama dengan teman atau pun keluarga. Dari tampak depan, taman ini dihiasi oleh beberapa ornamen yang sengaja dipasang untuk menyambut acara 4 tahunan yang pada tahun 2018 akan diadakan di Indonesia, yaitu di Kota Jakarta dan Palembang.

Ornamen-ornamen dalam rangka menuju Asian Games 2018 di Indonesia

Huruf "D A G O"

Ternyata empat huruf yang membentuk kata DAGO yang ada di tengah taman ini tidak hanya menunjukkan nama daerah taman tersebut, tetapi juga memberikan makna tersendiri. Apabila dilihat lebih dekat, maka akan terlihat gambar timbul pada setiap hurufnya.
Huruf D memperlihatkan ilustrasi berbagai macam jenis olahraga, seperti badminton, bola voli, sepakbola, dan basket.
Huruf A memperlihatkan ilustrasi berbagai macam kesenian dan alat musiknya, seperti tari jaipong khas sunda, wayang golek / kulit, angklung, dan juga senjata kujang yang merupakan khas daerah Jawa Barat.
Huruf G memperlihatkan ilustrasi topi sarjana, pensil / pulpen, meja belajar, dan logo Tut Wuri Handayani.
Huruf O memperlihatkan ilustrasi logo wireless network (wifi), telepon, instagram, dan messenger.

Apabila semua hal tersebut diintegrasikan akan menghasilkan suatu kesatuan yang pada saat sekarang ini sangat relevan. Aspek pendidikan, seni, budaya, olahraga, dan teknologi menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Mungkin persepsi itulah yang hendak dituangkan oleh Pemerintah Kota Bandung melalui taman ini.
Huruf DAGO yang memiliki makna pada setiap hurufnya

Dilengkapi berbagai fasilitas dan ramah penyandang disabilitas

Taman kota ini hadir untuk masyarakat dengan dilengkapi berbagai fasilitas, diantaranya kursi, tempat sampah, dan air mancur yang dipadukan dengan lampu warna-warni di sekelilingnya. Ada 6 kursi kayu dan 6 tempat sampah besi yang tersebar di taman ini.
Kursi-kursi taman yang dilengkapi dengan tempat sampah di sampingnya


Pemerintah Kota Bandung tampaknya benar-benar memperhatikan kepentingan dari para penyandang disabilitas. Hal ini ditunjukkan dengan adanya jalur penyandang disabilitas pada bagian depan dan belakang taman.


Jalur khusus penyandang disabilitas

Namun, pada bagian belakang taman ini tampak sejumlah coretan pada plang besi yang sangat mengganggu keindahan taman. Mudah-mudahan tindakan vandalisme tidak terjadi lagi di taman ini maupun di tempat-tempat umum lainnya.
Vandalisme yang merusak keindahan taman

Karena Pemerintah Kota Bandung telah melakukan revitalisasi sebaik-baiknya terhadap ruang publik ini, maka sudah sewajarnya warga Bandung maupun wisatawan yang berkunjung ke Bandung merawat baik-baik kelestarian dan keindahan Taman Dago Cikapayang. Demi kebaikan bersama.


Comments