Beda Akurasi dan Presisi


Oke, mari kita ngeblog lagi, sekalian melatih menggunakan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mari biasakan penggunaan bahasa yang baku demi proposal tesis yang baik karena saat ini juga saya sedang mengambil mata kuliah Metodologi Penelitian Geologi.

Baiklah, mari sudahi curhatnya, hahaha. 

Jadi, akhir-akhir ini saya terpikir kembali pada istilah akurasi dan presisi. Saya pernah membaca di slide kuliah yang menjelaskan tentang perbedaan keduanya, namun saya lupa di mata kuliah apa, hehe. Akhirnya, saya membaca penjelasannya di wikipedia

Akurasi merupakan ukuran seberapa dekat data percobaan dengan data yang sebenarnya. Sedangkan, presisi merupakan ketepatan suatu data percobaan dengan data yang sebenarnya. Mungkin agak sedikit membingungkan, haha. Berikut ilustrasinya yang saya ambil dari wikipedia juga.
Akurasi tinggi, presisi rendah


Akurasi rendah, presisi tinggi

Dari ilustrasi di atas, kita bisa melihat perbedaan antara akurasi dan presisi. Tentunya kita akan mengharapkan data yang memiliki akurasi dan presisi yang tinggi.


Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Akurasi_dan_presisi diakses pada tanggal 16 September 2014.

Comments